Kamis, 27 Oktober 2016

Bukit Batu Idung, Lokasi Lama dengan Pesona Baru

Suasana Sunrise di Bukit Batu Idung. Lokasi Lama dengan Pesona Baru - Credit foto : Misnan Shaleh
Sebelum nge hits beberapa tahun terakhir, Bukit batu idung dulu digunakan sebagai lokasi kemah anak-anak Pramuka beberapa sekolah di Kecamatan Gerung dan Lembar. Selebihnya hanya digunakan sebagai lokasi menggembalakan ternak oleh warga sekitar. 

Para Pemburu Sunrise, Bukit Batu Idung - Credit foto : Misnan Shaleh 

Selfie di Batu Idung - Credit foto : Juaini Suhardani

Sejak rekan-rekan dari Paralayang NTB kerap melakukan latihan di daerah ini, serta gencarnya gerakan uplod foto selfie di sosial media, Batu idung bertransformasi menjadi lokasi wisata yang mainstream dan wajib dikunjungi jika bertandang ke wilayah Lombok barat. 




Bukit ini dinamakan Bukit Batu idung (hidung) karena di puncaknya ada batu yang menyerupai hidung jika dilihat dari jalan raya.

Untuk menuju lokasi bukit idung ini bisa melalui desa Giri tembesi yakni dusun Gumesa selatan atau melalui dusun Grebekan desa Jembatan Gantung. Lokasinya sekitar 20 km atau sekitar 30 menit menggunakan motor dengan kecepatan sedang dari pusat kota Mataram. Terletak di perbatasan kecamatan Gerung dengan Lembar, tepatnya di desa Giri tembesi yang merupakan teritori kecamatan Gerung dan Desa Jembatan Gantung yang merupakan wilayah kecamatan Lembar. 

Naiklah lewat jalur di dusun Grebekan jika ingin menikmati perjalanan. Walaupun jalan yang dilalui agak terjal namun waktu tempuh tidak terlalu lama. Apalagi jika ingin hunting sunrise di bukit idung, maka jalur inilah yang recomended. Ketika pulang, lalui jalur dari dusun Gumesa selatan, maka kita akan disuguhi panorama khas perbukitan dan jalanan yang sepi dari pengguna kendaraan bermotor membuat kita bisa menikmati bentang alam yang tersaji. Jalur trekking ke puncak batu idung cukup brsahabat buat pemula, tidak landai, namun tidak terlalu terjal. Jarak tempuh sekitar 10 – 15 menit dari lokasi parkir sampai ke atas bukit. 

Pseona baru bukit Batu Idung - credit foto : Misnan Shaleh


Dari puncak bukit ini, kita bisa menikmati panorama indahnya Kecamatan Gerung, Lembar dan sebagian Sekotong. Pelabuhan Lembar di sisi kiri (selatan) dan Islamic Center yang megah di sisi kanan (Utara) juga menjadi pemandangan yang spektakuer dari puncak Batu Idung. Bukit Batu Idung juga dilengkapi dengan berugak (Gazebo), warung dan toilet umum sehingga kita bisa bermanja-manja di sini. Saya pun pernah hunting milky way sampai jam 2 pagi. Beberapa turis dari luar daerah dan ada dari jerman konon pernah menggelar tenda di atas Batu idung.
Sisi Lain dari Pesona Batu Idung - Credit Foto : Juaini Suhardani

Sunset pun bisa dinikmati lewat Batu Idung - Credit foto : Juaini Suhardani

1 komentar: